Seputar informasi teknologi internet dan Android

Apa sih Arti Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?

blogger templates

Apa sih Arti Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?
 
Saat ini, hampir setiap perangkat smartphone Android sudah memiliki kamera, baik di bagian belakang, maupun dibagian depan. Kebanyakan dari pengguna  perangkat Smartphone Android itu sendiri selalu mempermasalahkan mengenai megapixel pada kamera.
Di bagian lain, apakah anda tahu, apakah megapixel itu? Pada dasarnya, megapixel merupakan gabungan dua kata yaitu dari mega dan pixel. Mega yang berarti satuan juta dan pixel berarti titik elemen gambar. Lalu, apakah semakin besar megapixel menentukan bagus tidaknya kualitas kamera pada perangkat smartphone? Tenang, melalui artikel ini kami akan berikan apa arti dari megapixel itu.
Apa sih Megapixel itu ? Cek Jawabannya di Sini!

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, megapixel sendiri terdiri dari gabungan dua kata, yaitu mega dan pixel. Jadi, megapixel merupakan suatu gambar digital yang terbentuk oleh ribuan titik pixel. Jadi, semakin tinggi jumlah titik tersebut, maka secara otomatis resolusi gambar yang tercipta juga menjadi semakin tinggi.
Namun Megapixel biasanya dijadikan sebagai patokan guna menunjukkan kerapatan pada sebuah gambar. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sekarang ketika seseorang akan membeli sebuah kamera digital atau bahkan perangkat smartphone, pastilah sebagian besar orang menentukannya dengan melihat seberapa besar megapixel. Apakah anda setuju? Berikut  dibawah ini  akan diberikan penjelasan selengkapnya. 
Lalu apakah megapixel itu? Mungkin hampir sebagian besar dari pengguna perangkat smartphone atau bahkan yang berencana ingin membeli sebuah smartphone, pastinya besaran megapixel akan menjadi sebuah patokan bagi mereka ketika akan membelinya. Nah, biasanya orang-orang yang seperti ini merupakan pengguna smartphone yang tergolong awam. Karena nyatanya, megapixel BUKAN menjadi sebuah penentu dari bagus tidaknya kamera pada perangkat smartphone.
Yupp, megapixel ternyata bukanlah menjadi penentu bagusnya suatu kamera, baik pada perangkat smartphone maupun perangkat kamera digital sekalipun. Jadi Megapixel hanyalah penentu seberapa besar resolusi gambar yang akan tercipta pada sebuah kamera. Jadi penentu kamera smartphone yang bagus itu apa dong?


Terdapat banyak faktor guna menentukan kamera di perangkat smartphone itu bagus atau tidak. Nah, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah tipe lensa dan sensorbukaan atau biasa disebut sebagai diafragma, dan lain-lain. Dalam artikel ini, kami berikan satu per satu semua hal diatas tadi.
Lensa dan Sensor Dalam Smartphone



Ketika berbicara kamera, maka yang paling berhubungan dengan itu adalah lensa. Jika kita berbicara lensa, maka akan erat hubungannya dengan diameter. Nah, pada diameter inilah yang akan menjadi penentu batas resolusi dan seberapa banyak cahaya yang bisa terkumpul ke dalam sensor. Jadi semakin besar diameter lensa, maka menjadi semakin luas juga cahaya yang akan masuk ke dalam sensor kamera.

Diameter lensa kamera digital berkisar antara 10mm hingga 50mm. Namun, diameter kamera pada perangkat smartphone memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, hanya sekitar 2mm. Akan tetapi, walau lensa yang digunakan itu sangat kecil, hampir tak terlihat dengan mata telanjang. Perangkat Smartphone juga memiliki sensor kamera yang memberikan jumlah pixel yang tinggi, seperti Smartphone Sony IMX220 dengan memiliki ukuran 20MP, sehingga mampu memberikan gambar yang sangat detail. Jadi, sensor kamera pada sebuah perangkat smartphone-lah yang menentukan seberapa detail foto yang akan dihasilkan.
Diafragma atau Bukaan pada Lensa!


Selain dari sensor dan tipe lensa kamera, maka yang harus anda pahami selanjutnya adalah diafragma atau bukaan pada lensa. Dengan adanya diafragma, anda  akan dapat mengatur seberapa besar cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera smartphone. Seperti apakah diafragma di perangkat Smartphone yang bagus itu? Pertanyaan yang cukup bagus. Jadi diafragma itu dihitung berdasarkan bilangan. Semakin kecil bilangannya, maka cahaya yang masuk kedalam sensor kamera akan semakin besar, begitu pula sebaliknya.
Begini penjelasannya, jika kamera pada smartphone itu mempunyai diafragma sebesar f/2.0, maka bisa dijamin ketika dalam kondisi yang minim cahaya, anda masih bisa mendapatkan hasil  gambar yang baik. Namun, jika bukaannya maksimal adalah sebesar f/5.6, maka jangan harap anda bisa mendapat hasil foto yang ciamik.



Selain menentukan seberapa besar cahaya yang masuk, anda juga dapat membuat foto dengan latar belakang (background) maupun latar depan (foreground )yang blur. Biasanya, orang yang kekinian menyebutnya sebagai efek foto bokeh. Sehingga, foto yang anda hasilkan dapat terlihat lebih artistik dan juga mengagumkan, bisa disamakan seperti hasil kamera profesional pada umumnya.
Lantas, perangkat smartphone apa saja yang memiliki kamera yang luar biasa bagus? Sebenarnya hal tersebut relatif, namun sebagai salah satu contoh yang layak dicoba kamera smartphone yang baik adalah milik dari Samsung Galaxy S7, karena perangkat ini sudah menanamkan diafragma f/1.7. Tentu saja walaupun dalam keadaan yang rendah cahaya, anda masih dapat menghasilkan foto yang keren dan juga artistik.
Selain Resolusi, Apa Keuntungan Memiliki Megapixel Besar?

Jika anda masih saja bertanya kenapa harus ada ukuran megapixel besar jika memang megapixel bukanlah sebagai penentu dari bagusnya kamera? Memang tidak salah jika megapixel kamera smartphone itu bukanlah menjadi sebuah patokan seberapa bagus nya kamera pada perangkat smartphone, namun apakah anda tidak ingin mencetak foto-foto yang indah tersebut lalu memajangnya di album atau pun dengan pigura?
Yuups, memang ukuran megapixel akan sangat menentukan seberapa besarnya ukuran foto yang bisa dicetak. Jadi semakin besar ukuran megapixel, maka kesempatan anda untuk mencetak dengan ukuran yang besar juga akan semakin tinggi.

Akan tetapi, apakah anda sudah tahu 1 megapixel itu berapa pixel? Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan itu adalah 1 megapixel adalah sama dengan 1 juta mega pixel. Di bawah ini, kami akan berikan ukuran yang tepat untuk mencetak foto sesuai dengan megapixel pada perangkat smartphone anda.



Demikian penjelasannya mengapa megapixel kamera smartphone itu bukanlah segalanya dan bukan menjadi sebuah patokan untuk menentukan apakah kamera pada perangkat smartphone bagus atau tidak. Diharapkan setelah membaca artikel ini, anda jadi tidak salah kaprah lagi saat menentukan kamera pada perangkat smartphone ya. Jadi, ketika ada seseorang yang bertanya, apakah itu megapixel, anda sudah tahu jawabannya bukan?

Sumber : Jalantikus

0 Response to "Apa sih Arti Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?"

Post a Comment