Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Mudah Menyambungkan HP Android ke TV

blogger templates

Cara Mudah Menyambungkan HP Android ke TV


Beberapa tahun kebelakang perangkat ponsel hanya digunakan sebagai sarana komunikasi melalui suara dan juga pesan singkat, tanpa diiringi dengan berbagai fitur lainnya seperti di era digital sekarang ini yang bisa berkirim gambar maupun video.
Begitu pula dengan perangkat televisi, dahulu televisi hanya dapat melihat siaran yang di terima dari satu stasiun TV saja, namun sekarang dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, berbagai siaran televisi bisa diakses dengan mudah melalui siaran digital.
Perangkat Smartphone dan televisi (TV) sesungguhnya merupakan dua perangkat teknologi yang berbeda. Namun seiring terus berkembangnya teknologi yang semakin canggih, konvergensi atau penggabungan antar kedua perangkat kini semakin tampak jelas terlihat.
Oleh karenaitu kali ini akan di bahas cara mudah untuk menyambungkan ponsel Android ke TV.
Cara ini bisa anda lakukan bisa dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel.
Cara Menyambungkan Ponsel Android ke TV
Konvergensi seperti yang telah disebutkan di atas memang semakin terlihat. Dengan semakin berkembangnya perangkat smartphone, bahkan fungsi utama dari televisi kini sudah bisa diakomodir oleh perangkat tersebut.
Ya, kini untuk pengguna perangkat smartphone bisa dengan mudah di mana saja menonton beragam tayangan televisi di HP. Walau telah berpuluh tahun lahir lebih dulu sebelum adanya perangkat smartphone, maka tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan TV bisa terancam oleh hadirnya smartphone yang menawarkan beragam fitur canggih.
Walau demikian, dengan hadirnya berbagai perangkat televisi pintar keluaran terbaru yang dilengkapi beragam fitur canggih layaknya perangkat smartphone seakan menjadi ultimatum dari perangkat tersebut dalam upaya menolak 'kepunahan'.
Namun yang jelas, perpaduan antar dua perangkat ini akan menjadi salah satu fenomena menarik di dunia teknologi.
Manfaat dari Melakukan Cara Menyambungkan perangkat HP ke TV
Apa saja manfaat mengenai cara menyambungkan HP ke TV. Sebelum kita masuk ke caranya, mari sejenak kita bahas sedikit apa saja manfaatnya jika dua perangkat yang berbeda ini disambungkan.


Manfaat utama ketika menyambungkan dua perangkat ini antara lain adalah menjadikan aktivitas yang anda lakukan di HP lebih nyaman karena bisa anda lakukan semua di layar TV yang tergolong memiliki layar lebih lebar, apalagi jika TV yang sudah  anda miliki mempunyai  kualitas layar HD, ultra HD atau bahkan lebih tinggi.
Aktivitas yang biasa di lakukan di perangkat Smartphone seperti gaming atau nonton film bareng teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di layar TV.
Cara Menyambungkan HP Android ke TV dengan Kabel
Setelah anda mengetahui manfaat dari menggabungkan kedua perangkat tersebut, selanjutnya kita akan terlebih dulu memulai dengan cara menghubungkan perangkat HP ke  perangkat TV dengan menggunakan bantuan kabel.
Untuk itu, yang anda butuhkan adalah sebuah kabel HDMI to HDMI untuk bisa menghubungkan keduanya.



Setelah  anda menyiapkan kabel HDMI yang dibutuhkan serta memastikan kabel tersebut sudah kompatibel dengan perangkat smartphone maupun TV anda, maka selanjutnya anda sudah bisa mulai mencoba menghubungkan kedua perangkat tersebut. Langsung saja kita ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Langkah pertama, anda perlu terlebih dulu mematikan pesawat televisi.
  • Selanjutnya hubungkan perangkat smartphone Android anda dengan TV menggunakan kabel HDMI yang sudah disiapkan tadi. Perhatikan ujung yang kecil pada kabel untuk hubungkan ke perangkat smartphone, sedangkan pada ujung yang berukuran besar untuk dihubungkan ke socket TV yang bertuliskan HDMI.
  • Ketiga, Jika kabel telah terpasang, silahkan nyalakan kembali TV yang sebelumnya sudah  anda matikan. Lalu lanjutkan dengan memindahkan saluran ke menu HDMI.
  • Kemudian beralih ke perangkat smartphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di perangkat smartphone dengan cara memberi checklist atau tanda centang pada opsi tersebut.
  • Terakhir, tampilan layar smartphone milik anda kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar TV. Dengan kata lain, kedua perangkat tersebut kini sudah terhubung.
Cara Menyambungkan HP Android ke TV Tanpa menggunakan Kabel
Jika sebelumnya telah dibahas menyambungkan ponsel ke TV dengan menggunakan bantuan kabel, maka kali ini giliran anda mencoba cara menghubungkan perangkat HP Android ke TV tanpa menggunakan kabel. Ada dua cara atau metode yang bisa anda  lakukan.
Cara Menyambung HP ke TV dengan Menggunakan Chromecast
Cara ini bisa anda  lakukan dengan menggunakan bantuan Chromecast. Chromecast sendiri merupakan sebuah alat dari Google yang bisa digunakan untuk dapat menikmati koneksi jaringan internet dan melakukan streaming. Alat bantu yang satu ini wajib dimiliki jika di rumah anda mempunyai sebuah perangkat smart TV.



Jika anda sudah menghubungkan alat Chromecast ke perangkat smart TV milik anda, berikutnya anda sudah bisa langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Pertama Instal aplikasi Google Home di perangkat smartphone Android anda. Salah satu fitur didalam aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengontrol Chromecast.
  • Selanjutnya, aktifkan WiFi di perangkat smartphone anda.
  • Lalu beralih ke pesawat TV anda, pindahkan saluran ke HDMI dengan menggunakan remote yang anda punya.
  • Berikutnya anda akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan cara memasukkan kode yang muncul di layar TV. Silahkan masukkan kode tersebut maka seketika perangkat smartphone dan TV anda akan terhubung.
Cara Menyambung HP ke TV dengan Menggunakan AllShare


Sumber foto: Okdiario

Cara yang terakhir ini sayangnya hanya bisa digunakan bagi anda pengguna perangkat smartphone Samsung Galaxy Series. Jika anda termasuk salah satunya, maka disarankan untuk anda memilih cara yang satu ini.
AllShare merupakan sebuah fitur yang disematkan pada setiap seri smartphone Samsung Galaxy agar dapat sharing layar antara perangkat smartphone dengan televisi cukup dengan sekali klik.
Akhir Kata
Itulah cara untuk menyambungkan perangkat HP Android ke TV dengan menggunakan atau tanpa menggunakan kabel.
Kini untuk melakukan aktivitas favorit  seperti gaming, nonton film ataupun aktivitas seru lainnya jadi makin menyenangkan setelah anda bisa sharing layar antara perangkat smartphone dan TV milik anda. Selamat mencoba  dan semoga bermanfaat !


0 Response to "Cara Mudah Menyambungkan HP Android ke TV"

Post a Comment