Seputar informasi teknologi internet dan Android

Fingerprint, Fitur Anyar WhatsApp Segera Meluncur untuk Perkuat Keamanan Aplikasi

blogger templates

Fingerprint, Fitur Anyar WhatsApp Segera Meluncur untuk Perkuat Keamanan Aplikasi





Guna memberikan pengalaman rasa aman bagi pengguna dalam memanfaatkan layanannya, WhatsApp sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan instan kini tengah mempersiapkan dua fitur keamanan baru pada aplikasinya. Dua fitur baru tersebut  adalah fitur sensor sidik jari dan pengenal wajah.

Sebelum siap diluncurkan, kedua fitur terbaru tersebut akan diuji coba terlebih dahulu secara internal. Namun belum diketahui pasti kapan WhatsApp mulai meluncurkan kedua fitur tersebut pada aplikasi pesannya.

Menurut kabar angin yang beredar didunia maya, fitur otentifikasi sidik jari ini akan dapat melindungi akun dari pengguna WhatsApp. Seperti saat pengguna membuka atau mengunci perangkat smartphonenya, kemudian fitur sensor sidik jari akan muncul secara otomatis ketika pengguna mengetuk ikon di aplikasi WhatsApp.

Fitur finger print atau sensor sidik jari yang diuji kali ini dikhususkan untuk pengguna smartphone Android dengan sistem operasi minimal adalah versi Marshmallow atau versi di atasnya. Sebelumnya fungsi autentikasi ini sudah diuji coba pula untuk versi iOS.



Sebagai catatan, fitur ini tidak bisa digunakan  untuk mengunci chat dengan nomor kontak tertentu yang ada di dalam aplikasi WhatsApp.

Seperti pada screenshot yang dipamerkan oleh WABetaInfo, terlihat menu sidik jari pada aplikasi akan dapat diatur pada pengaturan privasi. Namun WhatsApp masih memberikan opsi keamanan lainnya, jika suatu saat sidik jari pengguna tidak dapat terdeteksi, seperti dengan menggunakan passcode untuk bisa mengakses akun WhatsApp.



Fitur anyar dari WhatsApp ini baru terlihat di aplikasi pada versi beta, yang hanya tersedia untuk pengguna yang telah menjadi tester. Selain itu, pilihan metode ID yang dapat digunakan tergantung pada tipe perangkat iPhone yang Anda miliki, perangkat mungkin bisa hanya sidik jari saja atau bisa pula hanya kamera wajah, untuk perangkat seri iPhone X dan penerusnya.

Jika telah mengaktifkan opsi keamanan terbaru untuk aplikasi WhatsApp ini, maka dengan begitu maka pengguna haruslah selalu mengidentifikasi dirinya setiap kali membuka aplikasi WhatsApp ini. Namun anda tak perlu khawatir diblokir jika tidak berhasil memakai sensor biometrik hingga beberapa kali coba, karena WhatsApp akan segera meminta pengguna memasukkan kode untuk perangkat iPhone
.
Fitur ini dinilai akan dapat memberikan keuntungan bagi pengguna WhatsApp Business, aplikasi pesan yang memang ditujukan khusus untuk para pelaku usaha. Hal ini disebabkan fitur anyar tersebut akan mampu melindungi informasi sensitif maupun hal yang vital di dunia bisnis.

0 Response to "Fingerprint, Fitur Anyar WhatsApp Segera Meluncur untuk Perkuat Keamanan Aplikasi"

Post a Comment