Seputar informasi teknologi internet dan Android

Pengertian Wifi, Fungsi dan Cara Kerjanya

blogger templates

Pengertian Wifi, Fungsi dan Cara Kerjanya


Anda sebagai pengguna perangkat komunikasi seperti Smartphone pastilah telah mendengar dengan namanya wifi. Pada setiap tempat sekarang ini telah banyak yang memfasilitasi dengan jaringan wifi. Bahkan kini telah banyak pula sekolah yang menyediakan fasilitas wifi gratis untuk para muridnya. Tujuannya adalah tentu agar mereka dapat mengakses semua informasi terkait dengan pelajaran yang ada di internet.

Sekarang ini jaman telah canggih, kita bisa memperoleh beragam ilmu pengetahuan melalui internet maka dari itulah wifi sangatlah bermanfaat bagi pengguna. Pengertian dari wifi sendiri adalah merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity yang artinya adalah sebuah media penghantar data tanpa kabel yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, mengunduh ataupun mengupload data dengan tingkat kecepatan transfer data yang cukup tinggi.

Namun tingkat kecepatan pada tiap daerah bahkan negara cukup berbeda dan bisa dikatakan jaringan wifi di Indonesia masih cukup lamban bila disbanding dengan negara Asia lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Kerja dari Wifi
Mungkin selama ini kita hanya menggunakan wifi tanpa pernah memikirkan bagaimana cara kerja dari wifi tersebut. Cara kerja dari wifi sendiri bisa diambil dari pengertian wifi yang dimana bahwa jaringan wifi sama seperti perangkat ponsel yang menggunakan gelombang radio untuk dapat menghantarkan informasi.
Perangkat komputer atau ponsel yang akan terhubung oleh wifi haruslah memiliki adaptor nirkabel yang berguna untuk menerjemahkan data informasi yang dibawa oleh gelombang radio. Sinyal radio ini akan dikirim melalui antena untuk diterima oleh router. Lalu setelah data diterjemahkan maka data tersebut akan tersambung ke internet dengan melalui koneksi kabel ethernet.
Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian wifi bahwa wifi merupakan suatu alat untuk mengunduh ataupun mengupload data, ternyata wifi juga memiliki fungsi selain dari itu. Wifi juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel. Pada awalnya memang wifi hanya dapat digunakan untuk jaringan lokal saja namun sejalan dengan perkembangan teknologi sekarang ini, wifi kini telah bisa pula digunakan untuk terhubung dengan internet.
Mungkin jika Anda sedang berada di tempat umum maka akan lebih memilih menggunakan jaringan wifi daripada harus menggunakan kuota data. Karena dengan menggunakan wifi, keuntungannya  Anda dapat lebih bebas untuk browsing tanpa perlu khawatir paket data internet anda akan habis. Jadi jika di sekolah ataupun kampus Anda memfasilitasi dengan wifi maka manfaatkanlah sebaik mungkin dan tentunya gunakan secara bijak untuk hal positif.
Wifi pun sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh jaringan wifi antara lain adalah dengan menggunakan wifi  menjadi lebih praktis karena penggunaannya bisa berpindah-pindah tempat. Kedua, kini hampir semua perangkat teknologi telah support dengan jaringan wifi.
Namun adapula kekurangannya yaitu pertama dari segi keamanan data yang harus lebih diperhatikan. Kedua adalah sinyal. Sekalipun Anda bisa lebih bebas bergerak namun harus anda perhatikan jangkauan wifinya karena semakin jauh jangkauannya maka akan semakin lamban pula koneksinya. Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian wifi, cara kerjanya hingga kelebihan dan kekurangan dari wifi. Semoga dengan informasi ini, Anda menjadi lebih paham tentang wifi .


0 Response to "Pengertian Wifi, Fungsi dan Cara Kerjanya"

Post a Comment