Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Mudah dan Aman Bikin Memori Smartphone Lebih Lega

blogger templates

Tips Mudah dan Aman Bikin Memori Smartphone Lebih Lega




Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika akan melakukan update suatu aplikasi, namun tiba-tiba memori perangkat tidak cukup alias memori telah penuh? Pastinya anda jadi jengkel bukan?, apalagi jika kemudian Anda menjadi tidak bisa membuka aplikasi tersebut hanya karena belum bisa diperbaharui.

Memori ponsel penuh bisa dikarenakan oleh berbagai faktor. Bisa disebabkan karena menumpuknya file sampah, banyaknya file-file duplicate, atau bisa juga disebabkan file cache yang cukup besar yang menempati ruang penyimpanan perangkat ponsel.

Pertanyaannya, ada tidak cara yang sederhana dan mudah guna mengakali dan melegakan memori perangkat smartphone yang mulai membuat kinerja pada ponsel jadi lambat? Jawabannya adalah tentu saja ada.

Umumnya, selain dengan cara menghapus langsung file-fie yang bermasalah di atas dengan cara manual, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga. Hanya saja, jika menggunakan cara manual Anda pastilah membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menemukan satu-persatu file yang akan dihapus tersebut. Menggunakan aplikasi dari pihak ketiga juga terkadang malah bisa menimbulkan permasalahan baru. Diantaranya adalah sering kali muncul pop-up iklan yang cukup mengganggu dan sebagainya.

Nah, pada tips kali ini akan dibagikan cara yang lebih sederhana dan tentu lebih aman pula. Caranya yaitu anda bisa memanfaatkan aplikasi resmi Google yang bernama Files. Aplikasi yang sebelumnya dinamakan File Go ini tampil dengan interface yang lebih sederhana akan tetapi cukup interaktif, Files by Google ini menawarkan 3 fitur utama yaitu mengosongkan ruang memori, menemukan file lebih cepat dan juga berbagi file secara offline.

Menariknya lagi aplikasi Files by Google ini memiliki file installer yang tergolong cukup kecil. Jadi, untuk perangkat smartphone yang memiliki memori minim sekali pun bisa dengan mudah menginstal aplikasi Files by Google.

Sesuai dengan topik tips kali ini, kami akan mengangkat fitur utamanya yaitu fitur untuk mengosongkan ruang memori dan juga melegakannya guna meningkatkan performa dari ponsel.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh lalu menginstal aplikasi Files by Google yang bisa anda dapatkan di Play Store.

2. Jika aplikasi sudah terinstal, lalu buka aplikasi Files dan berikan otorisasi untuk bisa mengakses storage (ruang penyimpanan)

3. Langkah berikutnya, aplikasi Files ini akan menampilkan daftar file yang bisa anda eksekusi untuk meluaskan memori perangkat smartphone. File-file tersebut tersusun dalam beberapa folder yang cukup mudah untuk ditelusuri, dan tentunya sesuai dengan jenis dari masing-masing file.

4. Untuk mulai mengosongkan memori ponsel, Anda tinggal memilih folder yang diinginkan. Contohnya “files sampah”.

5. Langkah selanjutnya, Anda akan dibawa lebih dalam lagi untuk menentukan mana saja file yang ingin anda hapus.

6. Selanjutnya anda tinggal tap toggle bar di file tersebut untuk memilihnya lalu tap “Clear” untuk mulai menghapus file-file tersebut.

7. Sampai pada tahap ini, proses sudah selesai dan memori pada ponsel akan mulai luas  kembali.

8. Agar supaya memori ponsel lebih luas lagi, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk file-file lainnya.

Demikian tips mudah dan aman untuk meluaskan memori smartphone Android yang Anda miliki dengan menggunakan aplikasi Files by Google.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ! 

0 Response to "Tips Mudah dan Aman Bikin Memori Smartphone Lebih Lega"

Post a Comment